Selasa, 16 Juli 2013

SISTEMATIKA PROPOSAL PTK (referensi)

SISTIMATIKA PROPOSAL PTK

Halaman Judul……………………………………………………………………………..  lembar 1
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………..  lembar 2
Tulis lagi Judul Penelitiannya dan jelaskan bidang kajiannya………..  lembar 3
Dalam judul harus;
1)    Adanya masalah yang akan dipecahkan
2)    Adanya subjek yang akan diteliti
3)    Ada solusi / cara pemecahan masalahnya dengan metode apa ?
BAB I     PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
(Ada masalah penting dan mendesak perlu di pecahkan dalam proses pembelajaran, kemudian diidentifikasi akar permasalahanya)
B.     Perumusan Masalah dan Pemecahan Masalah
1.     Perumusan Masalah
(Menjelaskan ruang lingkup dan definisi masalah dan kemudian dirumuskan dengan kalimat tanya sesuai dengan judul)
2.     Pemecahan Masalah
(Menguraikan cara pemecahan masalah dengan pendekatan dan konsep dalam menjawab permasalahan yang diteliti)
C.     Tujuan Penelitian (Jawaban dari Rumusan Masalah)
(Jelaskan dengan singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai)
D.    Manfaat Penelitian
(Uraikan kontribusi dari penelitian)
1.     Bagi Siswa
2.     Bagi Guru/Peneliti
3.     Bagi Kepala Sekolah/Sekolah
BAB II     KAJIAN PUSTAKA
A.    Teori Variabel Masalah (Kerisauan)
(Menguraian permasalahan yang terjadi dalam PBM, bagaimana teori yang berkaitan dengan aktifitas bari belajar, factor yang mempengaruhi belajar, dan apa akibat belajar siswa rendah)

B.     Teori Variabel Tindakan
(Uraiakan Teori yang berkaitan dengan metode dalam pemecahan pembelajaran, metodenya ? faktornya ? langkah-langkah tindakannya ? dan bagaimana keterkaitan antara variable tindakan dengan variable masalah ?
C.     Kerangka Berpikir
(Menguraiakan permasalahan bertdasarkan teori-teori terdahulu yang dikaitkan dengan proses yang akan dihadapi dalam penelitian)
D.    Hipotesis Tindakan
(Bagaimana prakiraan hasil dengan dilakukannya penerapan model/metode/cara pembelajaran terhadap hal yang akan dipecahkan)

BAB III    METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian dan Karakteristik Penelitian
(Lokasinya dimana ? Kelas berapa ? jumlah siswa ? berpa laki-laki dan berapa perempuan ? Karakter siswa ? bagaimana semangat dan prestasi belajar siswa ?
B.     Prosedur / Siklus Penelitian
(Uraikan objek, waktu dan lamanya penelitian. Berpa siklus/ berapa pertemuan yang dilakukan dalam penelitian ? Perubahan apa yang diharapkan terjadi ? Menggunakan metode/model mana siklus dalam penelitian ini ? Prosedur penelitiannya dijelaskan
C.     Metode Pengumpulan Data
(Instrumennya apa dalam pengumpulan data tersebut?)
D.    Metode Analisis Data
(Menganalisis data hasil dari data yang telah dikumpulkan dengan cara menghitung hasil dari tes atau wawancara baiuk itu ya atau tidak atau A, B, C, D, ataupun dengan prosentase)
E.     Indikator Keberhasilan
(Uraikan hal-hal yang berkaitan dengan keberhasilan dalam penelitian)

F.     Rencana / Jadwal Penelitian
(Dimulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan
G.    Pembiayaan
H.    Personalia Peneliti
I.       Daftar Pustaka
J.       Lampiran-Lampiran
1.     Curiculum vitae peneliti
2.     Instrumen observasi
3.     Instrumen Evaluasi
4.     Surat Tugas
5.     Rancangan Pembelajaran
6.     Jadwal Pelajaran
7.     (Kegiatan yang ada hubungannya dengan proposal kegiatan)








REFERENSI;
Supardi, Suhardjono, (2011: 47)
Strategi Menyususn Penelitian Tindakan Kelas










SISTIMATIKA LAPORAN PTK

BAGIAN AWAL;
1.      Halaman judul
2.      Halaman Pengesahan
3.      Abstrak
4.      Kata Pengantar
5.      Daftar Isi
6.      Daftar Lampiran

BAGIAN ISI;
BAB I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penelitian
D.    Manfaat Penelitian

BAB II                  KAJIAN TEORI DAN PUSTAKA
A.    Uraian teori tentang tentang variable yang akan ditingkatkan, dari teori-teori para ahli dikaitkan dengan variable masalah yang akan ditingkatkan. Dan berikan konsep sehingga terjadi perubahan kearah yang lebih baik.
B.     Uraikan dengan rinci teori tentang variable tindakan yang digunakan untuk mengatasinya. Dari argument teori tersebut dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Buat pula kerangka berpikir yang memberikan langkah dan arah penelitian tindakan.

C.     Kerangka Berpikir
Uraikan keterkaitan antara variable masalah dengan variable tindakan, bahwa dengan metode baru (yang dijadikan dalam mengatasi masalah) akan mampu mengatasi masalah yang dikeluhkan guru sebelumnya.

D.    Hipotesis Tindakan
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi kesulitan guru dalam penggunaan media pembelajaran, yang dilaksanakan melalui kegiatan workshop di Gugus
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan mampu menjawab kesulitan yang dihadapi guru sehingga akan terjadi interaksi pembelajaran, serta memberikan pengalaman yang nyata yang dapat menggairahkan pembelajaran, yaitu “Penggunaan media audio visual melalui workshop berkelanjutan di Gugus I dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru”.

BAB III METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian
B.     Prosedur Siklus Penelitian
C.     Pengumpulan Data
D.    Analisis Data
E.     Indikator Keberhasilan

BAB IV    HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Hasil Penelitian
B.     Hasil Penelitian
C.     Pembahasan

BAB V   SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
B.     Saran

Bagian Akhir /Penunjang
A.    DAFTAR PUSTAKA
B.     LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Rencana Pembelajaran
2.      Semua Instrumen Penelitian
3.      Contoh hasil kerja siswa dan guru
4.      Photo kegiatan
5.      Daftar hadir setiap pertemuan
6.      Pernyataan Kepala Sekolah tentang Seminar Hasil Penelitian
7.      Resume Hasil Kegiatan/bukti kegiatan
8.      Surat Undangan Kegiatan
9.      Surat Tugas Melaksanakan Kegiatan





Supardi, Suhardjono, (2011: 47)
Strategi Menyususn Penelitian Tindakan Kelas



Lembar pernyataan kompetensi, indikator, dan cara menilai
PK Guru Kelas/Mata Pelajaran Sumber :


Kompetensi
Cara menilai
Pedagogik
1. Menguasai karakteristik peserta didik.

Pengamatan & Pemantauan
2. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.

Pengamatan
3. Pengembangan kurikulum.

Pengamatan
4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik.

Pengamatan

5. Pengembangan potensi peserta didik.

Pengamatan & Pemantauan

6. Komunikasi dengan peserta didik.

Pengamatan

7. Penilaian dan evaluasi.

Pengamatan
Kepribadian

8. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional.

Pengamatan & Pemantauan

9. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan.

Pengamatan & Pemantauan

10. Etos Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru.

Pengamatan & Pemantauan
Sosial

11. Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif.

Pengamatan & Pemantauan

12. Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat.

Pemantauan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar