SISTIMATIKA PROPOSAL PTK
Halaman Judul…………………………………………………………………………….. lembar 1
Daftar Isi …………………………………………………………………………………….. lembar 2
Tulis lagi Judul
Penelitiannya dan jelaskan bidang kajiannya……….. lembar 3
Dalam judul harus;
1)
Adanya
masalah yang akan dipecahkan
2)
Adanya
subjek yang akan diteliti
3)
Ada
solusi / cara pemecahan masalahnya dengan metode apa ?
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
(Ada
masalah penting dan mendesak perlu di pecahkan dalam proses pembelajaran,
kemudian diidentifikasi akar permasalahanya)
B. Perumusan Masalah dan Pemecahan
Masalah
1. Perumusan Masalah
(Menjelaskan ruang
lingkup dan definisi masalah dan kemudian dirumuskan dengan kalimat tanya
sesuai dengan judul)
2. Pemecahan Masalah
(Menguraikan
cara pemecahan masalah dengan pendekatan dan konsep dalam menjawab permasalahan
yang diteliti)
C. Tujuan Penelitian (Jawaban dari
Rumusan Masalah)
(Jelaskan
dengan singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai)
D. Manfaat Penelitian
(Uraikan kontribusi dari
penelitian)
1. Bagi Siswa
2. Bagi Guru/Peneliti
3. Bagi Kepala Sekolah/Sekolah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Teori Variabel Masalah (Kerisauan)
(Menguraian
permasalahan yang terjadi dalam PBM, bagaimana teori yang berkaitan dengan
aktifitas bari belajar, factor yang mempengaruhi belajar, dan apa akibat belajar
siswa rendah)
B. Teori Variabel Tindakan
(Uraiakan
Teori yang berkaitan dengan metode dalam pemecahan pembelajaran, metodenya ?
faktornya ? langkah-langkah tindakannya ? dan bagaimana keterkaitan antara
variable tindakan dengan variable masalah ?
C. Kerangka Berpikir
(Menguraiakan
permasalahan bertdasarkan teori-teori terdahulu yang dikaitkan dengan proses
yang akan dihadapi dalam penelitian)
D. Hipotesis Tindakan
(Bagaimana
prakiraan hasil dengan dilakukannya penerapan model/metode/cara pembelajaran
terhadap hal yang akan dipecahkan)
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian dan Karakteristik
Penelitian
(Lokasinya
dimana ? Kelas berapa ? jumlah siswa ? berpa laki-laki dan berapa perempuan ?
Karakter siswa ? bagaimana semangat dan prestasi belajar siswa ?
B. Prosedur / Siklus Penelitian
(Uraikan
objek, waktu dan lamanya penelitian. Berpa siklus/ berapa pertemuan yang
dilakukan dalam penelitian ? Perubahan apa yang diharapkan terjadi ?
Menggunakan metode/model mana siklus dalam penelitian ini ? Prosedur
penelitiannya dijelaskan
C. Metode Pengumpulan Data
(Instrumennya apa dalam pengumpulan
data tersebut?)
D. Metode Analisis Data
(Menganalisis
data hasil dari data yang telah dikumpulkan dengan cara menghitung hasil dari
tes atau wawancara baiuk itu ya atau tidak atau A, B, C, D, ataupun dengan
prosentase)
E. Indikator Keberhasilan
(Uraikan
hal-hal yang berkaitan dengan keberhasilan dalam penelitian)
F. Rencana / Jadwal Penelitian
(Dimulai dari perencanaan, persiapan,
pelaksanaan dan penyusunan laporan
G. Pembiayaan
H. Personalia Peneliti
I. Daftar Pustaka
J. Lampiran-Lampiran
1. Curiculum vitae peneliti
2. Instrumen observasi
3. Instrumen Evaluasi
4. Surat Tugas
5. Rancangan Pembelajaran
6. Jadwal Pelajaran
7. (Kegiatan yang ada hubungannya dengan
proposal kegiatan)
REFERENSI;
Supardi, Suhardjono, (2011: 47)
Strategi Menyususn Penelitian Tindakan Kelas
SISTIMATIKA LAPORAN PTK
BAGIAN AWAL;
1. Halaman
judul
2. Halaman
Pengesahan
3. Abstrak
4. Kata
Pengantar
5. Daftar
Isi
6. Daftar
Lampiran
BAGIAN
ISI;
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
B. Rumusan
Masalah
C. Tujuan
Penelitian
D. Manfaat
Penelitian
BAB
II KAJIAN TEORI DAN PUSTAKA
A. Uraian
teori tentang tentang variable yang akan ditingkatkan, dari teori-teori para
ahli dikaitkan dengan variable masalah yang akan ditingkatkan. Dan berikan
konsep sehingga terjadi perubahan kearah yang lebih baik.
B. Uraikan
dengan rinci teori tentang variable tindakan yang digunakan untuk mengatasinya.
Dari argument teori tersebut dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Buat pula
kerangka berpikir yang memberikan langkah dan arah penelitian tindakan.
C. Kerangka
Berpikir
Uraikan keterkaitan antara variable
masalah dengan variable tindakan, bahwa dengan metode baru (yang dijadikan
dalam mengatasi masalah) akan mampu mengatasi masalah yang dikeluhkan guru sebelumnya.
D. Hipotesis
Tindakan
Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengatasi kesulitan guru dalam penggunaan media pembelajaran, yang
dilaksanakan melalui kegiatan workshop di Gugus
Dari hasil penelitian ini
diharapkan akan mampu menjawab kesulitan yang dihadapi guru sehingga akan
terjadi interaksi pembelajaran, serta memberikan pengalaman yang nyata yang
dapat menggairahkan pembelajaran, yaitu “Penggunaan media audio visual melalui
workshop berkelanjutan di Gugus I dapat meningkatkan keterampilan mengajar
guru”.
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting
Penelitian
B. Prosedur
Siklus Penelitian
C. Pengumpulan
Data
D. Analisis
Data
E. Indikator
Keberhasilan
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
Hasil Penelitian
B. Hasil
Penelitian
C. Pembahasan
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran
Bagian Akhir /Penunjang
A. DAFTAR
PUSTAKA
B. LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Rencana
Pembelajaran
2. Semua
Instrumen Penelitian
3. Contoh
hasil kerja siswa dan guru
4. Photo
kegiatan
5. Daftar
hadir setiap pertemuan
6. Pernyataan
Kepala Sekolah tentang Seminar Hasil Penelitian
7. Resume
Hasil Kegiatan/bukti kegiatan
8. Surat
Undangan Kegiatan
9. Surat
Tugas Melaksanakan Kegiatan
Supardi, Suhardjono, (2011: 47)
Strategi Menyususn Penelitian Tindakan Kelas
Lembar pernyataan kompetensi, indikator, dan cara menilai
PK Guru Kelas/Mata Pelajaran Sumber :
Kompetensi
|
Cara menilai
|
Pedagogik
|
|
1. Menguasai karakteristik peserta didik.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
2. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik.
|
Pengamatan
|
3. Pengembangan kurikulum.
|
Pengamatan
|
4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik.
|
Pengamatan
|
5. Pengembangan potensi peserta didik.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
6. Komunikasi dengan peserta didik.
|
Pengamatan
|
7. Penilaian dan evaluasi.
|
Pengamatan
|
Kepribadian
|
|
8. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan
kebudayaan nasional.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
9. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
10. Etos Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga
menjadi guru.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
Sosial
|
|
11. Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak
diskriminatif.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
12. Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
|
Pemantauan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar