Selasa, 16 Juli 2013

BAHAN AJAR PTK

BAHAN AJAR PTK

Tujuan PTK, ada tiga keuntungan, yaitu; (1) untuk memperbaiki praktik; (2) untuk pengembangan profesional dalam arti meningkatkan pemahaman para praktisi terhadap praktik yang dilaksana- kannya; serta (3) untuk memperbaiki keadaan atau situasi di mana praktik tersebut dilaksanakan.
Komponen-komponen di dalamkelas yang dapatdijadikansasaran PTK adalahsebagaiberikut.
a.  Siswa, antara lain perilakudisiplinsiswa, motivasiatausemangatbelajarsiswa, keterampilanberpikirkritis, kemampuanmemecahkanmasalahdan lain-lain.
b.  Guru, antara lain penggunaanmetode, strategi, pendekatanatau model pembelajaran.
c.  Materipelajaran, misalnyaurutandalampenyajianmateri, pengorganisasianmateri, integrasimateri, dan lain sebagainya. 
d.  Peralatanatausaranapendidikan, antara lain pemanfaatanlaboratorium, penggunaan media pembelajaran, danpenggunaansumberbelajar.
e.  Penilaian proses danhasilpembelajaran yang ditinjaudaritigaranah (kognitif, afektif, psikomotorik).
f.   Lingkungan, mengubahkondisilingkunganmenjadilebihkondusifmisalnyamelaluipenataanruangkelas, penataanlingkungansekolah, dantindakanlainnya.
g.  Pengelolaankelas, antara lain pengelompokansiswa, pengaturanjadwalpelajaran, pengaturantempatduduksiswa, penataanruangkelas, dan lain sebagainya.

Permasalahan yang bias diangkatdalam PTK di antaranyaadalahsebagaiberikut.
a.  Masalahbelajarsiswa di sekolah, sepertimisalnyapermasalahanpembelajaran di kelas, kesalahan-kesalahandalampembelajaran, miskonsepsi, misstrategi, dan lain sebagainya.
b.  Pengembanganprofesionalisme guru dalamrangkapeningkatanmutuperencanaan, pelaksanaansertaevaluasi program danhasilpembelajaran.
c.  Pengelolaandanpengendalian, misalnyapengenalanteknikmodifi- kasiperilaku, teknikmemotivasi, danteknikpengembanganpotensidiri.
d.  Desaindanstrategipembelajaran di kelas, misalnyamasalahpengelolaandanprosedurpembelajaran, implementasidaninovasipenggunaanmetodepembelajaran (misalnyapenggantianmetodemengajartradisionaldenganmetodemengajarbaru), interaksi di dalamkelas (misalnyapenggunaanstretegipengajaran yang didasarkanpadapendekatantertentu).
e.  Penanaman dan pengembangan sikap serta nilai-nilai, misalnya pengembangan pola berpikir ilmiah dalam diri siswa.
f.   Alat bantu, media dan sumber belajar, misalnya penggunaan media perpustakaan, dan sumber belajar di dalam/luar kelas.
g.  Sistemassesmentatauevaluasi proses danhasilpembelajaran, sepertimisalnyamasalahevaluasiawaldanhasilpembelajaran, pengembanganinstrumenpenilaianberbasiskompetensi, ataupenggunaanalat, metodeevaluasitertentu
h.  Masalahkurikulum, misalnyaimplementasi KBK, urutanpenyajianmeteripokok, interaksiantara guru dengansiswa, interaksiantarasiswadenganmateripelajaran, atauinteraksiantarasiswadenganlingkunganbelajar.

   Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kalas
Tujuanutama PTK adalahuntukmemecahkanpermasalahannyata yang terjadi di dalamkelassekaligusmencarijawabanilmiahmengapahaltersebutdapatdipecahkanmelaluitindakan yang akandilakukan.
PTK jugabertujuanuntukmeningkatkankegiatannyata guru dalampengembanganprofesinya.
Tujuankhusus PTK adalahuntukmengatasiberbagaipersoalannyatagunamemperbaikiataumeningkatkankualitas proses pembelajaran di kelas. Secara lebihrincitujuan PTK antara lain:
a.  Meningkatkanmutuisi, masukan, proses, dan hasilpendidikan dan pembelajaran di sekolah.
b.  Membantuguru dan tenagakependidikanlainnyadalammengatasimasalahpembelajaran dan pendidikan di dalam dan luarkelas.
c.  Meningkatkansikapprofesionalpendidikdantenagakependidikan.
d.  Menumbuh-kembangkanbudayaakademik di lingkungansekolahsehinggaterciptasikapproaktif di dalammelakukanperbaikanmutupendidikan/pembelajaransecaraberkelanjutan.
Sikaptersebutdiperlukanuntukmenumbuhkankeinginanpenelitimemperbaikikualitaspembelajaran.Tahapaninidisebutdengantahapanmerasakanadanyamasalah.Jikadirasakanadahal-hal yang perludiperbaikidapatdiajukanpertanyaanseperti di bawahini.
a.  Apakahkompetensiawalsiswa yang mengikutipelajarancukupmemadai?
b.  Apakah proses pembelajaran yang dilakukancukupefektif?
c.  Apakahsaranapembelajarancukupmemadai?
d.  Apakahhasilpembelajarancukupberkualitas?
e.  Apakahsuasanadalam proses belajarmengajarkondusif?

Secaraumumkaraktersitiksuatumasalah yang layakdiangkatuntuk PTK adalahsebagaiberikut;
a.  Masalahitumenunjukkansuatukesenjanganantarateoridanfaktaempirik yang dirasakandalam proses pembelajaran.
b.  Masalahtersebutmemungkinkanuntukdicaridandiidentifikasifaktor-faktorpenyebabnya. Faktor-faktortersebutmenjadidasarataulandasanuntukmenentukanalternatifsolusi.
c.  Masalahtersebutsangatmerisaukandanmendesakuntuksegeradiatasi.
d.  Adanyakemungkinanuntukdicarikanalternatifsolusibagimasalahtersebutmelaluitindakannyata yang dapatdilakukan guru/peneliti.


Bentuk umum rumusan hipotesis tindakan berbeda dengan hipotesis dalam penelitian formal. 
Secara rinci, tahapan perencanaan tindakan terdiri atas kegiatan- kegiatan sebagai berikut.
a.  Menetapkancara yang akandilakukanuntukmenemukanjawaban, beruparumusanmasalah. Umumnyadimulaidenganmenetapkanberbagaialternatiftindakanpemecahanmasalah, kemudiandipilihtindakan yang paling menjanjikanhasilterbaikdan yang dapatdilakukan guru.
b.  Mentukancara yang tepatuntukmemperbaiki proses pembelajarandenganmenjabarkanindikator-indikatorkeberhasilan.
c.  Membuatsecararincirancangantindakan yang akandilaksanakanmencakup; (a) Bagianisimatapelajarandanbahanbelajarnya; (b) Merancangstrategidanlangkahpembelajaransesuaidengantindakan yang dipilih; serta (c) Menetapkanindikatorketercapaiandanmenyusuninstrumenpengumpul data yang sesuai.

1.  Data yang dikumpulkan dapat berupa data kuantitatif (hasil tes, hasil kuis, presensi, nilai tugas, dan lain-lain), tetapi juga data kualitatif yang menggambarkan keaktifan siswa, antusias siswa, mutu diskusi yang dilakukan, dan lain-lain.
2.  Instrumen yang umum dipakai adalah (a) soal tes, kuis; (b) rubrik; (c) lembar observasi; dan (d) catatan lapangan yang dipakai untuk memperoleh data secara obyektif yang tidak dapat terekam melalui lembar observasi, seperti aktivitas siswa selama pemberian tindakan berlangsung, reaksi mereka, atau pentunjuk lain yang dapat dipakai sebagai bahan dalam analisis dan untuk keperluan refleksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar