CONTOH SUPERVISI AKADEMIK (referensi)
Supervisi akademik merupakan
kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan
proses pembelajaran, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional
guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Supervisi akademik sebaiknya dilakukan dengan pendekatan supervisi
klinis yang dilaksanakan secara berkesinambungan melalui tahapan pra-observasi,
observasi pembelajaran, dan pasca observasi.
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada tahap Pra-observasi,
Observasi, dan Pascaobsevasi.
Pra-observasi (Pertemuan awal)
·
Menciptakan suasana akrab dengan
guru
·
Membahas persiapan yang dibuat
oleh guru dan membuat kesepakatan mengenai aspek yang menjadi fokus pengamatan
·
Menyepakati instrumen observasi
yang akan digunakan
Observasi (Pengamatan
pembelajaran)
·
Pengamatan difokuskan pada aspek
yang telah disepakati
·
Menggunakan instrumen observasi
·
Di samping instrumen perlu dibuat
catatan (fieldnotes)
·
Catatan observasi meliputi
perilaku guru dan siswa
·
Tidak mengganggu proses
pembelajaran
Pasca-observasi (Pertemuan
balikan)
·
Dilaksanakan segera setelah
observasi
·
Tanyakan bagaimana pendapat guru
mengenai proses pembelajaran yang baru berlangsung
·
Tunjukkan data hasil observasi
(instrumen dan catatan) – beri kesempatan guru mencermati dan menganalisisnya
·
Diskusikan secara terbuka hasil
observasi, terutama pada aspek yang telah disepakati (kontrak) –Berikan
penguatan terhadap penampilan guru. Hindari kesan menyalahkan. Usahakan guru
menemukan sendiri kekurangannya
·
Berikan dorongan moral bahwa guru
mampu memperbaiki kekurangannya
·
Tentukan bersama rencana
pembelajaran dan supervisi berikutnya.
PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK SECARA
KLINIS
Format A : Panduan Wawancara Pra Observasi
Berisi pertanyaan yang dilakukan
sebelum pengawas melakukan pengamatan pembelajaran. Pertanyaan ini dapat
dikembangkan oleh pengawas. Jawaban guru direkam dengan mencatat kata-kata
kuncinya di lembar lain atau ditulis pada panduan dengan mengisi kolom catatan
yang disediakan sesuai dengan aspek yang ditanyakan.
Format B : Daftar Periksa Observasi Pembelajaran
Instrumen ini diawali dengan identitas
yang harus diisi oleh pengawas.
Nomor 1 diisi nama sekolah; no. 2 nama guru yang disupervisi; no. 3 mata
pelajaran yang diobservasi; no. 4 kelas/ semester yang disupervisi; no. 5 diisi
hari, tanggal, dan jam pelajaran ke berapa supervisi dilaksanakan; no. 6 diisi
kompetensi dasar dan indikator sesuai dengan yang ditulis guru dalam RPPnya;
no.7 diisi jumlah seluruh siswa di kelas yang disupervisi, jumlah siswa yang
hadir, dan yang tidak hadir.
Berikutnya ada dua bagian yaitu I.
Persiapan dan II. Kegiatan Pembelajaran. Kegiatan pembelajaran
meliputi tiga tahap yaitu A. Pendahuluan, B. Kegiatan Pokok, dan
C. Penutup. Setiap aspek diamati dengan cermat, kemudian pengawas
membubuhkan tanda cek (v) pada kolom ”Tidak (tidak ada)”jika aspek yang
ditanyakan tidak ada/tidak muncul. Kolom ”Ya/ada” (artinya aspek yang
ditanyakan muncul). Kolom ini dibagi menjadi dua bagian yaitu ”baik” dan ”perlu
diperbaiki”. Pengawas mengisi kolom tersebut dengan kualitas aspek yang
ditanyakan sesuai dengan kondisi pembelajaran yang diamati. Pengisian instrumen
ini memerlukan kemampuan khusus dari pengawas. Pada setiap checklist bubukan
skala nilai dan klasifikasinya.
I. Persiapan
1. Program
tahunan. Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya”jika guru dapat menunjukkan
program tahunan untuk mata pelajaran dan kelas yang diampu, pada tahun
pelajaran yang sedang berjalan, lengkap dengan Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, dan pembagian alokasi waktu selama satu tahun
pelajaran sesuai dengan minggu efektif belajar.
2. Program
semester. Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya” jika guru dapat menunjukkan
program semester untuk mata pelajaran dan kelas yang diampu, pada semester yang
sedang berjalan (semester 1 atau 2), lengkap dengan Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, pembagian alokasi waktu, dan rincian penyajian pada
minggu-minggu tertentu selama satu semester sesuai dengan minggu efektif
belajar.
3. Silabus. Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya”
jika guru dapat menunjukkan silabus untuk mata pelajaran dan kelas yang diampu,
tahun yang sedang berjalan, lengkap dengan Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar, Materi Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber
belajar.
4. KKM untuk
KD yang dibahas. Diisi tanda cek (v) pada kolom
“Ya”jika Kriteria Ketuntasan Minimum untuk Kompetensi Dasar yang sedang dibahas
> 75 dan sesuai dengan aturan perhitungan criteria tersebut, dan ditulis
pada kolom keterangan nilai KKMnya.
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya” jika guru dapat
menunjukkan RPP untuk pembelajaran yang sedang dilaksanakan, dilengkapi dengan tujuan
dan kegiatan pembelajaran yang sistematis dan logis, serta melibatkan
siswa secara aktif untuk mencapai tujuan pembelajaran/ indikator/KD, materi
pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
6. Buku nilai.
Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya” jika guru dapat
menunjukkanbuku nilai yang berisi nilai-nilai siswa untuk semua penilaian yang
telah dilaksanakan, baik untuk pengetahuan, praktik, maupun sikap.
7. Selanjutnya,
jika pengawas mengisi tanda cek (v) pada kolom ”Ya ”, maka perlu diperbaiki”,
pada kolom ”keterangan” kemudian ditulis secara singkat dan jelas.
II. Kegiatan Pembelajaran
A. Pendahuluan/Pra-pengamatan
1. Kesiapan
alat bantu dan media pembelajaran (Sumber Belajar). Kolom “Ya” diisi, jika
guru telah menyiapkan sumber belajar yang diperlukan secara lengkap.
2. Motivasi,
artinya membangkitkan kemauan belajar siswa, agar siswa merasa tertarik ingin
tahu, apa yang akan dipelajarinya. Hal ini dapat diamati, misalnya ketika guru:
a. mengawali
pelajaran dengan ceria,
b. menunjukkan
kegunaan Kompetensi Dasar(KD) yang akan dibahas dalam kehidupan sehari-hari
atau hubungannya dengan mata pelajaran yang lain,
c. memberi
permasalahan yang menantang sehingga membangkitkan keinginan siswa untuk
memecahkannya.
3. Apersepsi.
(Pengetahuan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas). Ini
dapat dilihat apakah guru mengajukan pertanyaan mengenai materi pelajaran yang
lalu yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas. Kolom “Ya” diisi bila
hal tersebut dilakukan dengan baik.
4. Kejelasan
Kompetensi Dasar/ Indikator. Kolom “Ya” diisi, jika guru menyampaikan baik
lisan maupun tertulis KD/ Indikator yang harus dikuasai siswa setelah selesai
pembelajaran.
5. Kesiapan
bahan ajar (Sumber Belajar). Kolom “Ya” diisi, jika guru telah menyiapkan
bahan ajar, baik berupa buku teks, modul, kaset/ cd pembelajaran, dsb.
B. Kegiatan
Pokok/Pengamatan
1. Penguasaan
Materi.
Kolom
“Ya”diisi jika guru tampak mantap dan percaya diri, tidak ragu-ragu dalam
menyajikan pembelajaran, serta pertanyaan-pertanyaan siswa dijawab dengan
tepat. Jika pengawas berlatar belakang pendidikan sama dengan guru yang
disupervisi pengamatan dapat lebih teliti dengan memperhatikan kebenaran
konsep-konsep yang disampaikan oleh guru.
2. Pengelolaan
kelas
Kolom “Ya”
diisi, jika terjadi kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dengan guru, antar teman, bahan ajar, dan alat-alat pembelajaran
( Sumber Belajar).
3. Pengelolaan
waktu
Kolom “Ya”
diisi, jika penggunaan waktu yang tersedia dikelola dengan baik dalam
pembelajaran, dan lebih banyak digunakan untuk kegiatan siswa dibandingkan
dengan kegiatan guru
4. Metode/
pendekatan yang bervariasi
Kolom “Ya”
diisi, jika terlihat guru tidak hanya menggunakan satu macam metode, misalnya
hanya ceramah saja selama pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dapat menggunakan
metode ceramah, tanya jawab, diskusi dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi,
dan sebagainya.
5. Penggunaan
alat bantu/ media pembelajaran
Kolom “Ya”
diisi, jika guru tampak terampil, efektif, dan efisien menggunakan alat bantu/
media pembelajaran (Sumber Belajar) yang telah disiapkan
6. Peran guru sebagai fasilitator
Kolom “Ya”
diisi, jika guru tidak mendominasi kegiatan pembelajaran, tetapi memberi
kesempatan/memfasilitasi siswa untuk melakukan berbagai kegiatan dalam upaya
pencapaian indikator/kompetensi dasar, dan selalu siap membantu siswa bila
diperlukan
7. Teknik bertanya
Kolom
“Ya” diisi, jika guru menerapkan teknik bertanya dengan baik, misalnya:
a. mengajukan
pertanyaan kepada semua siswa
b. memberi
waktu tunggu bagi siswa untuk berpikir.
c. menghindari
jawaban serentak dengan menunjuk salah seorang siswa untuk menjawab
Dalam
menanggapi pertanyaan/ jawaban siswa, sikap guru:
a. sabar
mendengarkan sampai selesai (tidak memotong pertanyaan/ jawaban siswa)
b. tidak
mencemooh walaupun pertanyaan/ jawaban siswa kurang tepat
c. tidak
langsung menyalahkan pendapat siswa
d. memberi
penghargaan pada pertanyaan yang berbobot/ jawaban yang tepat
8. Penggunaan
papan tulis
Kolom
“Ya” diisi, jika penggunaan papan tulis dengan pembagian sebagai berikut:
untuk menuliskan hal-hal yang
segera dihapus, dan yang tidak dihapus sampai akhir pembelajaran,
untuk menulis pokok-pokok penting
saja, dan teknik menulis tidak membelakangi siswa.
9. Interaksi
guru –peserta didik
10. Interaksi
antar peserta didik
Kolom
“Ya” diisi, jika hubungan guru dan siswa atau hubungan antar siswa dalam
pembelajaran tampak akrab dan saling menghormati
11. Aktivitas
peserta didik a –g
Kolom
“Ya” diisi, jika semua kegiatan dapat dilakukan dengan baik
12. Sikap dan
minat peserta didik dalam pembelajaran:
a. Kolom “Ya”
diisi, jika jumlah siswa yang hadir > 95 %
b. Kolom “Ya”
diisi, jika tampak sebagian besar ( > 75%) siswa membawa buku pelajaran yang
relevan
c. Kolom “Ya”
diisi, jika sebagian besar ( > 75%) siswa tampak mencatat
13. Pencapaian
KD/ Indikator
Kolom
“Ya” diisi, jika pertanyaan-pertanyaan guru yang berhubungan dengan tujuan
pembelajaran/indikator/KD, baik yang disampaikan selama pembelajaran maupun di
akhir pembelajaran, sebagian besar ( > 75%) dapat dijawab oleh siswa dengan
baik.
C. Penutup/Setelah
Pengamatan
1. Rangkuman
Kolom “Ya”
diisi, jika siswa membuat rangkuman dibimbing oleh guru
2. Tugas untuk
pertemuan berikutnya
Kolom “Ya”
diisi, jika guru memberikan tugas (PR/baca buku/mencari informasi, dsb) untuk
pertemuan berikutnya.
Format C : Panduan Wawancara Setelah Pengamatan.
Wawancara dilakukan tidak di
dalam kelas yang diamati beberapa saat setelah pengamatan pembelajaran selesai.
Format ini berisi pertanyaan yang
dilakukan setelah pengawas melakukan pengamatanpembelajaran. Pertanyaan dapat dikembangkan
oleh pengawas. Jawaban guru direkam dengan mencatat kata-kata kuncinya di
lembar lain atau ditulis pada panduan dengan mengisi kolom catatan yang
disediakan sesuai dengan aspek yang ditanyakan.
Pengolahan Hasil Supervisi
Pengolahan data dilakukan setelah
proses wawancara pasca observasi. Penilaian hasil secara kualitatif yaitu amat
baik, baik, cukup dan kurang dengan memperhatikan tanda v pada kolom ”Ya”.
Contoh penilaian
Nilai
Keseluruhan
FORMAT A
PANDUAN WAWANCARA PRA PENGAMATAN
Lamanya
wawancara : ……………… menit
FORMAT B : DAFTAR PERIKSA PENGAMATAN
INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
1. Nama
sekolah : ……………………………………………………..……….
2. Nama
guru : ……….…………………………………………………….
3. Mata
pelajaran : …………………………………………………………..….
4. Kelas /
semester : …………….……………………………………………….
5. Hari/
tanggal/ jam ke : ………………….………………………………………….
6. Kompetensi
Dasar/ : ……………………………………………………………...
Indikator
………………………………………………………………………………
7. Jumlah siswa : ………orang,
hadir: ………orang,
tidak hadir: ……. orang
Catatan: ……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru, Pengawas
Sekolah
........................................
.......................................
.......................................
NIP.................................. NIP
................................. NIP .................................
FORMAT SUPERVISI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
Nama Sekolah : ........................................................................................
Nama Guru : .......................................................................................
Mengajar Kelas :
.......................................................................................
Mata Pelajaran :
.......................................................................................
Hari/Tanggal supervisi : .......................................................................................
Jam Ke : .......................................................................................
ASPEK YANG DINIALI DAN CARA PENILAIAN
|
BOBOT
|
NILAI
|
KET
|
||
|
S1
|
S2
|
|||
A. Perangkat Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
a. Memiliki Kalender Pendidikan
|
2
|
20
|
|
|
|
b. Menyusun Program Tahunan
|
4
|
|
|
|
|
c. Menyusun Program Semester
|
4
|
|
|
|
|
d. Membuat Silabus
|
4
|
|
|
|
|
e. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
B. KELENGKAPAN SEKENARIO PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
a. Identitas Lengkap
|
2
|
10
|
|
|
|
b. Tercantum/ Memuat SK, KD,Indikator dan Materi Pokok
|
2
|
|
|
|
|
c. Berisi Pengalaman Bekerja/ Langkah Mengajar,
|
2
|
|
|
|
|
Sumber/bahan/ Media Belajar
|
2
|
|
|
|
|
d. Ada Penilaian yang Terdiri Dari Jenis Tagihan,
|
2
|
|
|
|
|
Bentuk, instrumen, dan Contoh
Instrumen
|
2
|
|
|
|
|
e. Ada Kunci Jawaban dan Uraian Tugas Berikutnya.
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan Guru Memberikan Motivasi Kepada
|
2
|
10
|
|
|
|
Siswa Tercantum/ Diuraikan pada
sekenario/ RPP
|
|
|
|
||
b. Motifasi Berupa Contoh atau Pertanyaan Untuk i
|
2
|
|
|
|
|
Menggali Informasi Sesuai
Dengan Kopetens
|
|
|
|
||
c. Dalam Motifasi Dikemukakan Kopetensi Yang
|
2
|
|
|
|
|
Akan Dicapai Dalam Kegiatan
Pembelajaran
|
|
|
|
||
d. Dalam Memotifasi Ditemukan Life Skill yang Perlu
|
4
|
|
|
|
|
Dimiliki dan Manfaatnya Dalam
Kehidupan.
|
|
|
|
||
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
II.Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal
|
|
|
|
|
|
a. Guru Memasuki Kegiatan Ini Berkesinambungan
|
2
|
20
|
|
|
|
Dengan Motifasi yang Telah
Disampaikan
|
|
|
|
||
b. Kegiatan Inti Berpusat Pada Guru
|
2
|
|
|
|
|
c. Kegiatan Inti Melibatkan Siswa Untuk Menemukan
|
5
|
|
|
|
|
Konsep Membangun/ Mengkkonsruksi
Pengetahuan
|
|
|
|
||
d. Kegiatan Inti Sesuai Dengan SK, KD, Indikator
|
5
|
|
|
|
|
yang ingin dicapai dan Materi
Pelajaran
|
|
|
|
||
e. Guru Memberikan Tugas Lantujutan Kepada Siswa
|
6
|
|
|
|
|
Sesuaai
Dengan SK, KD dan Indikator
|
|
|
|
||
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
a. Guru Mengatur Pembagian Kelompok
|
2
|
|
|
|
|
b. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Mendapat
|
2
|
|
|
|
|
Respon Positif Dari Siswa
|
|
|
|
||
c. Anggota Tiap Kelompok Berpartisipasi Aktif Dalam
|
5
|
10
|
|
|
|
Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
||
d. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Dilanjutkan
|
5
|
|
|
|
|
Dengan Diskusi Kelas
|
|
|
|
||
e. Guru Mengunakan Lembar Penilaian Diskusi/Kerja
|
6
|
|
|
|
|
Kelompok
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
III. Sumber / Bahan / Media
|
|
|
|
|
|
a. Sumber/Bahan/Media yang Digunakan Sesuai
|
2
|
10
|
|
|
|
Dengan SK, KD, dan Indikator
|
|
|
|
|
|
b. Bahan/Media yang Disediakan Sesuai Dengan
|
2
|
|
|
|
|
Kebutuhan Materi Pokok
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
c. Menggunakan bahan yang Otentik Dan yang ada
|
2
|
|
|
|
|
di
Sekeliling Siswa
|
|
|
|
|
|
d. Bahan Yang
Digunakan Mendorong Siswa Dan
|
4
|
|
|
|
|
Melakukan
Pengamatan/Bertanya/Mengumpulkan
|
|
|
|
|
|
Data Menarik Kesimpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
IV. Penilaian
|
|
|
|
|
|
a. Penilaian Dilakukan Sesuai Dengan Jenis
Tagihan
|
2
|
10
|
|
|
|
b. Penilaian Relevan Dengan Kopetensi Dan Indikatornya
|
2
|
|
|
|
|
c. Penilaian Hanya Mengarah Pada Ranah Kognitif
|
2
|
|
|
|
|
d. Penilaian Mengarah Juga Pada
RanahAfektif dan Psikomotor
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
V. Penutup
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal :
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan Pembelajaran Sesuai Dengan Waktu Yang
direncanakan
|
2
|
10
|
|
|
|
b. Inti/ Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Guru
|
2
|
|
|
|
|
c. Inti /
Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Siswa
|
2
|
|
|
|
|
d . KBM Dilakukan Dengan Menggunakan Prinsip PAKEM
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
a. Setiap
Kelompok Menyampaikan Hasil Diskusi /
|
2
|
10
|
|
|
|
Kerja
Kelompok Di Depan Kelas
|
|
|
|
|
|
b. Hasil Diskusi
Kelompok Mendapat Respon Positif/
|
2
|
|
|
|
|
Negatif Dari
Kelompok Lain
|
|
|
|
|
|
c. Kesimpulan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok
|
2
|
|
|
|
|
Dilakukan
Oleh Guru
|
|
|
|
|
|
d. Kesimpulan Hasil Diskusi/ Kerja Kelompok
|
4
|
|
|
|
|
dilakukan Oleh Siswa Dengan Bimbingan
Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah =
|
|
|
|
Keterangan:
S1 = semester 1
S2 = semester 2
Hasil Penilaian = .......................... x 100 = ...............
Jumlah Nilai Ideal = 90
Pada II dan V bentuk klasikal atau
diskusi / kerja kelompok,
Gunakan hanya salah satu saja, kalau
klasikal tidak menggunakan
Penilaian diskusi/ kerja kelompok,
begitupun sebaliknya
Katagori Penilaian
90 s/d 100 = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89 = Baik Sekali
60 s/d 79 = Baik
50 s/d 69 = Cukup
40 s/d 49 = Kurang
< 40 = Kurang Sekali
Komentar / Saran
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..........,
......................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru, Pengawas
Sekolah
........................................
....................................... .......................................
NIP.................................. NIP
.................................
NIP .................................
Catatan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar