Sabtu, 20 Juli 2013

AL-QURAN MEMBAWA KESELAMATAN DUNIA & AKHIRAT

INDAHNYA BAHAGIA DUNIA DAN AKHIRAT
          Pada hakikatnya orang yang lalai dan tidak beriman serta tidak menjalankan perintah Allah SWT, maka azab kubur menantinya, bahkan sudah pasti dalam kehidupannya tidak ada ketenangan dan kelapangan dalam hatinya, walaupun bergelimang dengan harta. (diungkapkan dari riwayat Ibnu Katsir). Sedangkan bagi orang-orang mukmin yang saleh serta selalu menjalankan perintah-NYA (dari riwayat Ibnu Al-Qayyim) maka akan mendapat kehidupan yang tenang, tentram dan bahagia dunia akhirat, sebagaimana firman Allah Swt, surat Al-Nahl(16):97: yang artinya; “Barang siapa yang mengerjakan amal saleh baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan KAMI berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan KAMI beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. Dari ayat tersebut di atas menegaskan bahwa JANJI ALLAH SWT kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh akan mendapa balasan kehidupan yang bahagia di dunia, sementara di akhirat nanti akan memperoleh yang lebih indah dan lebih baik.
          Hal tersebut di atas tidaklah mudah didapatkan oleh setiap manusia, kecuali mau belajar dari Al-Quran sejak usia dini. Betapa dan sangat amat pentingnya mendidik anak-anak usia dini (usia TK/SD) dalam belajar membaca dan memahami ayat Al-Quran. Sebagai dari riwayat Ali bin Abi Thalib ra, bahwa bersabda Rasulullah Saw; “Didiklah anak-anak kalian kepada tiga sifat; 1)mencintai Nabi Saw 2)mencintai keluarga Nabi Saw, 3)Membaca/mempelajari Al-Quran. Karena yang dijiwai Al-Quran kelak ada dibawah naungan Allah Swt dan kelak akan bersama Nabi-nabi Allah dan kekasih-kekasihNYA di surga”.
          Hadis tersebut di atas menjadi dalil betapa pentingnya mendidik anak-anak dalam membaca dan memahami isi dari Al-Quran, sehingga dengan pendidikan tersebut akan membawa kecintaan kepada Rasulullah Saw, dan akan mencintai sesama umat, serta akan mempunyai akhlakul-karimah yang baik dalam kehidupan sehari-harinya, dari mulai sejak dini sudah ditanamkan pembelajaran yang saling mencintai sesama insan, rukun dan saling menghargai.
          Pembelajaran yang mendidik tersebut di atas yang dimulai dari usia dini tersebut, bahkan sampai siswa SMU/SMK, sangat menukung dalam upaya saling mencintai dan tidak terjadinya tawuran antar sesame pelajar.
Kata Kunci;
          Mudah-mudahan dengan pembelajaran Ramadhan 1434H yang dimotivator Bupati Purwakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta, dengan pendalaman pada pembelajaran baca Al-Quran serta pemahaman inti sdari Al-Quran, yaitu mulai dari siswa usia dini sampai dengan usia SMK/SMU akan mampu mendorong dan mencintai sesama pelajar yang akhlakul-karimah. Sebagaimana diriwayatkan/diungkapkan Imam Abu Hamid Al-Ghazali: “Agar mendidik anak-anak dengan Al-Qur’an al-karim serta hadis-hadis pilihan, sejarah orang-orang saleh serta sebagian hukum-hukum keagamaan”.
Terima kasih; Bpk. BUPATI PURWAKARTA, H. DEDI MULYADI, SH. dan
Bpk Kadisdikpora Kab Purwakarta, DR. H. ANDRIE CHAERUL, MSc
Atas pelaksanaan pembelajaran Ramadhan 1434H yang dilaksanakan dari tgl 16 JULI s.d. 1 AGUSTUS 2013
SEMOGA, amal ibadah tersebut akan mendapat balasan dari Allah SWT yaitu medapat kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar