PROGRAM
PENGAWAS SEKOLAH
TINGKAT
SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
OLEH,
ENDANG
ZAENAL ARIPIN, M.Pd
NIP.
19631214.198410.1.001
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN PURWAKARTA
UPTD
PEMBINAAN TK/SD DAN PLS KECAMATAN SUKATANI
2012
LEMBAR
PENGESAHAN
PROGRAM
PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
OLEH,
ENDANG
ZAENAL ARIPIN, M.Pd.
NIP.
19631214.198410.1.001
Disyahkan
oleh,
Kepala UPTD Pembinaan TK/SD dan PLS Korwas Satuan
Pendidikan SD
Kecamatan Sukatani Kabupaten
Purwakarta
RAHMAT AS, S.Pd HARI SUPRIATNA, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19590703.198503.1.010 NIP. 19580420.197803.1.003
DIKETAHUI,
KEPALA
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN
PURWAKARTA
__________________________
NIP.
KATA PENGANTAR
Dimensi
kompetensi pengawas sebagaimana tercantum dalam Permendiknas Nomor 12 Tahun
2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah, meyebutkan bahwa seorang
pengawas sekolah wajib mempunyai 6 dimensi kompetensi minimal kepengawasan,
yaitu 1) kompetensi kepribadian, 2) kompetensi supervisi manajerial, 3)
kompetensi supervisi akademik, 4) kompetensi evaluasi pendidikan, 5) kompetensi
penelitian dan pengembangan, dan 6) kompetensi sosial. Tercatat pula dalam
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 pada pasal 15 ayat 4 menyatakan bahwa
guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan melakukan tugas
pembimbingan dan pelatihan professional guru dan tugas pengawas, yang dimaksud
di atas yaitu adalah melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan
manajerial (Menpan No. 21 Tahun 2010 tentan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah
dan Angka kreditnya.
Untuk
mempermudah pelaksanaan kegiatan dilapangan, maka sebagai pengawas menyusun
kegiatan kepengawasan diantaranya : menyusun program pengawasan, melaksanakan
program pengawasan, mengeavluasi hasil pelaksanaan program dan melaksanakan
pembimbingan dan pelatihan profesional guru, dengan tujuan untuk menjawab
tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks serta untuk lebih mengarahkan
sekolah kea rah tujuan pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif,
efisien dan produktif.
Dengan program kegiatan ini
diharapkan menjadi acuan dan ukuran agar dapat meningkatkan kinerja baik itu
pengawas sekolah, kepala sekolah maupun guru, dan atas nama pengawas sekolah,
mengucapkanterima kasih atas peran aktif semua pihak yang memberikan kontribusi
dan perbaikan demi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia secara umum dan
khususnya di sekolah-sekolah binaan.
Sukatani, 17 April 2012
Penyusun,
Endang Zaenal Aripin.
DFTAR ISI
Halaman
Judul………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. 1
Halaman Pengesahan…………………………………………………………………………………………………………………………………………………... 2
Kata Pengantar…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. 3
Daftar
Isi………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. 4
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………………………………………………………………. 5
A.
Latar Belakang ………………………………………………………………………………………………………………………………………. 5
B.
Landasan (Dasar
Hukum)
……………………………………………………………………………………………………………………….. 5
C.
Tujuan dan
Sasaran Pengawasan ……………………………………………………………………………………………………. 6
D.
Visi, Misi dan
Strategi Pengawasan ……………………………………………………………………………………………………. 6
E.
Sasaran dan
Target Pengawasan ……………………………………………………………………………………………………. 6
F. Ruang Lingkup Pengawasan ……………………………………………………………………………………………………………….. 7
BAB II IDENTIFIKASI DAN ANALISIS HASIL PENGAWASAN …………………………………………………………………………….. 7
A.
Identifikasi
Hasil Pengawasan (tahun sebelumnya) …………………………………………………………………………….. 7
B.
Analisis dan
Evaluasi Hasil Pengawasan (tahun sebelumnya) …………………………………………………………………. 7
C. Tindak Lanjut Hasil Pengawasan
Sebagai Acuan dalam Penyusunan Program ………………………………………….. 8
BAB III RENCANA PROGRAM TAHUNAN PENGAWAS ………………………………………………………………………………………… 8
A.
Matrik Program
Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah …………………………………………………………………………….. 8
B.
Matrik Program
Pemantauan Pelaksanaan 8 SNP ……………………………………………………………………………..
10
C.
Matrik Program
Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah ………………………………………………………………….
10
D.
Matrik Program
Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru ………………………………………………………
12
E. Matrik Program Evaluasi dan Pelaporan
Hasil Kepengawasan ………………………………………………………
14
BAB IV PENUTUP ………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
14
LAMPIRAN-LAMPIRAN ………………………………………………………………………………………………………………………………………
15
1.
RKA/RKM/RKBK
2.
Matrik Program
Semester dan Jadwal
3.
Surat Tugas
Kepengawasan
4.
Contoh-contoh
Instrumen Supervisi Kepengawasan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pengawas Sekolah merupakan salah satu tenaga
kependidikan yang memegang peranan strategis dalam meningkatkan professional
guru dan mutu pendidikan di sekolah, hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah
No 74 Tahun 2008 tentang Guru pada pasal 15 ayat 4 yang menyatakan bahwa guru
yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan harus melakukan tugas
pembimbingan dan pelatihan professional guru dan tugas pengawasan diantaranya
melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial pada satuan
pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan,
pemantauan pelaksanaan 8 SNP.
Melalui peran pengawas sekolah diupayakan memberikan
perhatian melalui pembinaan terhadap peningkatan kinerja pegawai dalam rangka
peningkatan mutu pendidikan.
B. Landasan (Dasar Hukum)
1. Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah Republik
Indonesiaa Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun
2008 tentang Guru
4. Peraturan Menpan Nomor 21 Tahun 2010
tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya
5. Peraturan Mendiknas-RI Nomor 12 Tahun
2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah
6. Peraturan Mendiknas-RI Nomor 39 Tahun
2009 tentang Beban Kerja Guru dan Pengawas.
7. Peraturan Mendiknas-RI Nomor 27 Tahun
2010 tentang Program Induksi Guru Pemula
C. Tujuan dan Sasaran Pengawasan
1. Pegangan bagi pengawas sekolah dalam
melaksanakan tugasnya sebagai supervisor akademik dan manajerial di sekolah
binaanya.
2. Acuan bagi pengawas sekolah dalam
melakukan pembimbingan dan pelatihan peningkatan professional guru
3. Batasan bagi pengawas sekolah agar
dalam melaksanakan tugas kepengawasannya berjalan secara efektif dan efisien.
D. Visi, Misi dan Strategi Pengawasan
1. Visi,
Melaksanakan
tugas pengawasan akademik dan manajerial pada sekolah binaan.
2. Misi Dan Strategi Pengawasan
a) Penyusunan Program Pengawasan
b) Pelaksanaan Pembinaan Guru dan kepala
Sekolah
c) Pemantauan Pelaksanaan 8 SNP
d) Penilaian Kinerja Guru dan Kepala
Sekolah
e) Pembimbingan dan Pelatihan
Profesional Guru dan Kepala Sekolah.
f) Menyusun program pembimbingan dan
pelatihan professional guru dan kepala
sekolah di KKKS/MKKS, KKG.
g) Evaluasi hasil pelaksanaan program
pengawasan pada sekolah binaan.
h) Evaluasi hasil pelaksanaan program
pengawasan dalam menyusun Program Sekolah, RKS/RKAS, kepemimpinan Kepsek.
E.
Sasaran dan
Target Pengawasan
1.
Lingkungan
sekolah
2.
Kepala Sekolah
3.
Guru
4.
Tenaga
Kependidikan
5.
Peserta Didik
F. Ruang Lingkup Pengawasan
Meliputi kepengawasan akademik dan manajerial.Penyusunan program
pengawasan difokuskan pada pembinaan guru dan kepala sekolah, pemantauan 8 SNP
dan melaksanakan penilaian kinerja guru dan kepala sekolah di masing-masing
sekolah binaan.
BAB
II
IDENTIFIKASI DAN ANALISIS HASIL PENGAWASAN
A. Identifikasi Hasil Pengawasan (tahun
sebelumnya)
Hasil pengawasan yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya melalui
analisis kesenjangan dengan mengacu pada kebijakan dibidang dibidang
pendidikan.Identifikasi hasil pengawasan menggambarkan sejauhmana ketercapaian
tujuan pengawasan yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.Sebagai acuan
penyusunan program pengawasan sesuai dengan kebijakan dibidang pendidikan
melalui dasar hukum.Hasil identifikasi tersebut merupakan titik tolak dalam
menentukan tujuan serta tindakan yang harus dilakukan pengawas sekolah pada
tahun berikutnya, hasil pengawasan yang masih lemah/kurang supaya lebih
ditingkatkan dan hasil pengawasan yang suah baik supaya dipertahankan atau
standarnya ditingkatkan (Sigap dan terampil dalam menanggapi dan membantu
memecahkan masalah-masalah yang dihadapi guru/kepala sekolah).
B. Tindak Lanjut Hasil Pengawasan
Sebagai Acuan dalam Penyusunan Program
Pengolahan dan analisis hasil pengawasan yang telah dilakukan tahun
sebelumnya diarahkan untuk menetapkan prioritas tujuan, sasaran, metode kerja
serta langkah-langkah kegiatan dalam program pengawasan tahun berikutnya, dan
diharapkan menjadi gambaran dalam meningkatkan kondisi sekolah binaan baik
secara kualitatif ataupun kuantitatif dan di agendakan sebagai program tahun
selanjutnya.
Matrik Identifikasi dan Analisis
Hasil Pengawasan
No
|
Pelaksanaan
SNP
|
Program
Kegiatan
Tahun
2011/2012
|
Target
Yang Diharapkan
Tahun
2012/2013
|
Hasil
Yang Dicapai
|
Ket
|
1
|
Standar Isi
|
·
Dokumen KTSP,
belum
divalidasi
·
Silabus Mata
Pelajaran (disesuaikan dengan KTSP)
|
·
Dokumen KTSP,
sudah divalidasi dan nilainya > 90%
·
13 Mata
Pelajaran
(telah
dikembangkan KTSPnya)
|
Ada peningkatan
|
|
2
|
Standar Proses
|
·
Perencanaan
Pembelajaran (c)
·
Pelaksanaan
Pembelajaran (c)
·
Evaluasi dan
Penilaian (c)
·
Tindak lanjut (c)
|
·
Perencanaan
Pembelajaran(B)
·
Pelaksanaan
Pembelajaran (A)
·
Evaluasi dan
Penilaian (B)
·
Tindak lanjut (B)
|
Ada peningkatan
|
|
3
|
Standar Kompetensi
Lulusan
|
·
KKM (67%)
·
Standar
Kelulusan (56%)
|
·
KKM
(76%)
·
Standar
Kelulusan (62%)
|
Ada peningkatan
|
|
4
|
Standar Pendidik
dan Tenaga Kependidikan
|
Kualifikasi Guru
dan Tenaga Pendidik baru 60% S-1
|
Kualifikasi Guru
dan Tenaga Pendidik sudah 80% S-1
|
Ada peningkatan
|
|
5
|
Standar Sarana
& Prasarana
|
|
|
|
|
6
|
Standar
Pengelolaan
|
|
|
|
|
7
|
Standar Pembiayaan
|
|
|
|
|
8
|
Standar Penilaian
|
|
|
|
|
BAB
III
RENCANA PROGRAM TAHUNAN PENGAWAS
A. Matrik Program Pembinaan Guru dan
Kepala Sekolah
Matrik
Program Pembinaan Guru
1. Perencanaan Pembelajaran,
a) Program Tahunan f)
Menentukan KKM
b) Program Semesteran g)
Menentukan
Standar Kelulusan
c) Silabus g)
Agenda
Harian Guru
d) Penyusunan RPP
2. Pelaksanaan Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran, meliputi:
a) Pendahuluan
b) Kegiatan Inti meliputi,
·
Kegiatan
Tatap Muka melalui: eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
·
PT dan KMTT (Penugasan Terstruktur &
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
c) Penutup
3. Penilaian Pembelajaran
a) Teknik Penilaian meliputi; Tes, PT
dan KMTT, Pengamatan (penilaian akhlak mulia dan kepribadian)
b) Program Remedial
c) Analisis Ulangan (Ulangan Harian,
Ulangan Tengah Semester, dan Ulangan Akhir Semester)
4. Kegiatan Tambahan
a) Program bimbingan siswa
b) Program peningkatan mutu lulusan 5
kelompok MP
c) Program Pengembangan Diri, Minat dan
Bakat melalui Bimbingan Karir dan Kegiatan Ekstrakurikuler
d) KKG-Gugus.
Matrik
Program Pembinaan Kepala Sekolah
1. Pengelolaan Sekolah
a) RKS Tahunan (1 Tahun) dan RKS 4 Tahun
berdasarkan 8 SNP
b) Pelaksanaan RKS 1 tahun dan 4 tahun
berdasarkan 8 SNP
c) Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi
Kepala Sekolah
d) Kepemimpinan Sekolah
e) Sistem Informasi Manajemen Sekolah
(MBS)
2.
Rencana Keuangan
Anggaran Sekolah (RKAS)
Penyusunan
RKAS berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan
3. Akreditasi Sekolah
a) Instrumen Akreditasi Sekolah dan
Bukti Fisiknya
b) Pelaksanaan 8 SNP yang kontinyu
B.
Matrik Program
Pemantauan Pelaksanaan 8 SNP
No
|
Materi
Pemantauan
|
Target
Yang Diharapkan
|
Keterangan
|
1
|
Standar Isi
|
|
|
2
|
Standar Proses
|
|
|
3
|
SKL
|
|
|
4
|
Standar P&TK
|
|
|
5
|
Standar Prasarana
|
|
|
6
|
Standar Pengelolaan
|
|
|
7
|
Standar Pembiayaan
|
|
|
8
|
Standar enilaian
|
|
|
C. Matrik Program Penilaian Kinerja Guru
dan Kepala Sekolah
1.
Program Penilaian
Kinerja Guru
a.
Perencanaan
Pembelajaran
Ø Program Tahunan
Ø Program Semester
Ø Silabus
Ø RPP
Ø KKM/Standar Kelulusan
Ø Agenda Harian Guru
Ø Jadwal Tatap Muka
Ø Absensi Siswa
Ø Kalender Pendidikan
Ø Buku Nilai
b. Pelaksanaan Pembelajaran
Ø Pendahuluan
Ø Kegiatan Inti (TM, PT. KMTT) /
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
Ø Penutup
c. Penilaian Hasil Pembelajaran
Ø Daftar Nilai sesuai dengan standar
penilaian
Ø Melakukan tes dengan ulangan harian,
UTS, UAS/UKK
Ø Melakukan penilaian Ahklak Mulia dan
Kepribadian
Ø Melakukan penilaian Psikomotor
Ø Melakukan Analisis Ulangan Harian
Ø Remedial dan Pengayaan
Ø Istrumen Tes/Bank Soal/Kartu Soal
Ø Analisis Penilaian
d. Tugas Tambahan
Ø Melatih dan membimbing siswa dalam
Remedial dan Pengayaan
Ø Membimbing siswa dalam Pengembangan
Diri melalui Bimbingan konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler
Ø Kegiatan Lainnya
2. Program Penilaian Kinerja kepala
Sekolah
a. Pengelolaan Sekolah
Ø RKS 1 Tahun, RKS 4 Tahun
Ø Pelaksanaan RKS
Ø Pengawasan dan Evaluasi
Ø Kepemimpinan Sekolah
Ø Sistem Informasi Sekolah
b. Pelaksanaan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran, meliputi;
Ø Pendahuluan
Ø Kegiatan Inti (eksplorasi, elaborasi,
dan konfirmasi)
Ø Penutup
c. Penilaian Hasil Pembelajaran
Ø Daftar Nilai sesuai dengan standar
penilaian
Ø Melakukan tes dengan ulangan harian,
UTS, UAS/UKK
Ø Melakukan penilaian Ahklak Mulia dan
Kepribadian
Ø Melakukan penilaian Psikomotor
Ø Melakukan Analisis Ulangan Harian
Ø Remedial dan Pengayaan
Ø Istrumen Tes/Bank Soal/Kartu Soal
Ø Analisis Penilaian
D. Matrik Program Pembimbingan dan
Pelatihan Profesional Guru
1. Program Pembimbingan
a. Meningkatkan pemahaman kompetensi
guru, meliputi;
·
Kompetensi
pedagogik
·
Kompetensi
Profesionalisme (Tupoksi guru, kompetensi guru, pemahaman KTSP)
b. Meningkatkan kemampuan guru dalam
pengimlementasian khusus guru (yang 4 standar)
·
Standar
Isi,
·
Sandar
Proses,
·
Standar
Kompetensi Lulusan,
·
Standar
Penilaian, meliputi;
1)
Pola
pembelajaran KTSP
2)
Pengembangan
Silabus dan RPP
3)
Pengembangan
Penilaian
4)
Pengembangan
Bahan Ajar
5)
Dan
Penulisan Butir Soal
c. Meningkatkan kemampuan guru dalam
menyusun Penelitian Tindakan kelas (PTK/PTS)
·
Mengidentifikasi
persoalan
·
Merefleksi
persoalan
·
Menyimpulkan
persoalan
·
Melaporkan
persoalan
2. Program Pelatihan Profesional Guru
a. Keprofesionalan Guru dalam
melaksanakan tugasnya
1) Menyusun Program Bimbingan dan
Pelatihan di KKG-Gugus
2) Melaksanakan pembimbingan dan
pelatihan professional guru
3) Mengevaluasi hasil pembimbingan dan
pelatihan professional guru
4) Melaksanakan pembimbingan dan
pelatihan professional guru dalam pelaksanaan PTK/PTS
5) KTI
6) Penyaduran/penerjemahan buku
pendidikan
b. Keprofesionalan Guru dalam
pelaksanaan SNP
1) Kemampuan guru dalam melaksanakan SI,
SP, SKL, dan kerangka pengembangan KTSP
2) Pembelajaran kea rah PAIKEM dengan
medianya
3) Pengembangan bahan ajar
4) Penilaian proses dan hasil belajar
5) PTK untuk perbaikan/pengembangan
metode pembelajaran
E. Matrik Program Evaluasi dan Pelaporan
Hasil Kepengawasan
1. Menginformasikan berbagai faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengawasan sekolah
2. Mengklarifikasi data dan hasil pemantauan/pembinaan
3. Menganalisis data hasil pemantauan
dan pembinaan
4. Menyusun laporan hasil pengawasan
sesuai sistematika yang ditetapkan
5. Menyampaikan laporan semester dan
tahunan kepada Disdik Kab, Kepala UPTD dan sekolah yang dibina.
BAB
IV PENUTUP
Demikian program tahunan
dan program semester pengawasan sekolah kami susun untuk dapat dijadikan
sebagai bahan acuan dan pedoman bagi pengawas sekolah dalam menyusun program
dan melaksanakan di sekolah binaan. Selanjutnya, pengawas membuat analisis
hasil kepengawasan sekolah binaan setiap akhir semester.
Mudah-mudahan ini menjadikan refleksi bersama
dalam peningkatan sumber daya manusia khusunya dibidang pendidikan, dan
terinprovisasi menjadi guru yang profesionalisme.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
RKA/RKM/RKBK
2.
Matrik Program
Semester dan Jadwal
3.
Surat Tugas
Kepengawasan
4.
Contoh-contoh
Instrumen Supervisi Kepengawasan
LAMPIRAN KEGIATAN
KEPENGAWASAN DI SEKOLAH BINAAN
TAHUN AJARAN 2012/2013
JUMLAH
SEKOLAH BINAAN : …….. SEKOLAH
No
|
KOMPONEN
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
KEGIATAN
|
TARGET
|
JADWAL
|
1
|
Standar Isi
|
Memiliki perangkat KTSP referensi tiap maple untuk guru dan
siswa yang memadai serta memiliki system penialaian yang terprogram
|
Administrasi kurikulum, Perangkat pembelajaran guru, referensi
guru dan siswa serta system penilaian
|
Supervisi administrasi kurikulum, perangkat pembelajaran,
referensi/buku pegangan guru dan siswa serta system penilaian
|
Tersusunnya KTSP dan perangkat pembelajaran serta tersedianya
referensi/buku pegangan guru dan siswa yang memadai serta memiliki system penilaian
yang terprogram
|
|
2
|
Standar Proses
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan
|
Kehadiran guru dan siswa, Pengelolaan PBM
|
Supervisi kehadiran guru dan siswa, pengelolaan PBM di Kelas
|
Kehadiran guru dan peserta didik di atas 90% terlaksanaknya
pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
|
|
3
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Meningkatkan kualitas input dan output
|
SKL, KKM, hasil UASBN Lomba akademik /non akademik etika dan kedisiplinan
PD
|
Supervisi administrasi
KKM, hasil UASBN, lomba akademik/non akademik, Etika dan kedisiplinan
PD
|
Meningkatnya prestasi akademik dan non
akademik, SKL diatas 75
|
|
4
|
Standar Pendidik dan Tenaga kependidikan
|
Tersedianya tenaga pendidik dan kependidikan
yang memiliki kompetensi memadai sesuai SPM sehingga mampu meningkatkan
kualitas pendidikan
|
Guru, tenaga kependidikan
|
Supervisi rasio guru dan siswa dokumen pengangkatan staf guru
maple, guru pembimbing, tenaga ketatausahaan, pustakawan, laboran tenaga
kebersihan, penjaga sekolah dan satpam
|
Tenaga yang tersedia memiliki kompetensi kualifikasi memadai
sesuai meningkatnya kualitas pendidikan
|
|
5
|
Standar Sarana dan Prasarana
|
Menyediakan sarana prasarana pembelajaran melalui pengadaan dan
perawatan
|
Gedung sekolah sarana pembelajaran, sarana peribadatan,
barang-barang inventaris dan administrasinya.
|
Supervisi bukti kepemilikan gedung sekolah, rekening listrik,
air, telepon, ruang belajar, lapangan olah raga, ruang laboraturium, ruang
perpustakaan, ruang BK, ruang kantor, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang
UKS, gudang, KM/WC, ruang serba guna, sarana peribaadatan, barang-barang
inventaris dll.
|
Tersedianya sarana prasarana pembelajaran melalui pengadaan dan
perawatan sesuai SPM sarana prasarana
|
|
6
|
Standar pengelolaan
|
· Mewujudkan standar pengelolaan sekolah sesuai program jangka
panjang, menengah dan tahunan (Visi, Misi) untuk melaksanakan MBS
· Melibatkan warga sekolah dan stakeholder dalam penyusunan
program sekolah dan RKS /RKT/RKAS
· Melaksanakan monitoring evaluasi dan tindak lanjut pelakssanaan
program sekolah
|
Program jangka panjang, menengah dan tahunan sekolah,
ketatalaksanaan administrasi, program supervise, monitoring, evaluasi dan
tindak lanjut pelaksanaan program sekolah
|
Supervisi dan pembinaan program jangka
panjang menengah dan tahunan, ketatalaksanaan
administrasi dan program supervise dan tindak lanjut kepala sekolah
|
·
Tersusunnya program jangka panjang, menengah dan tahunan yang efektif dan
efisien untuk mencapai standar pengelolaan sekolah.
·
Terlaksananya program supervisi, monev
dan tindak lanjut pelaksanaan program sekolah
·
Pelaksanaan RKS /RKT/RKAS sesuai rencana dan dapat dipertanggungjwbkn
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar