Rabu, 17 Juli 2013

Contoh Halaman Awal Jurnal

ISSN:  ………………………..

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
(PTS)
Jurnal Pendidikan Ke-SD-an
Oktober 2011

Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Dalam Menggunakan
Media Audio Visual Melalui Workshop Berkelanjutan Di Gugus I
UPTD Kec. Tegalwaru Semester 1 Tahun Ajaran 2011/2012



Disusun Oleh:
Endang Zaenal Aripin, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19631214.198410.1.001









DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KAB. PURWAKARTA
UPTD PEMBINAAN TK/SD DAN PLS
KECAMATAN TEGALWARU
2011
PRAKATA


Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robi, atas rahmat dan hidayahNya bahwa Laporan Penelitian Tindakan Sekolah dapat terselesaikan dengan tuntas dan tepat waktu, walaupun ada kekurangan dalam penyelesaiannya. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru pada saat proses PBM berlangsung dengan alat bantu.
Penulisan Laporan PTS ini selesai berkat bantuan dari berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.      Bapak Kepala UPTD Pembinaan TK/SD dan PLS Kecamatan Tegalwaru yang telah memberikan ijin dan rekomendasi untuk melaksanakan kegiatan PTS.
2.      Pengawas SP-SD wilayah binaan Gugus I yang telah memberikan arahan dan pembekalan tentang Penelitian Tindakan Sekolah
3.      Bapak Kepala Sekolah SDN1 Batutumpang yang telah memberikan ijin kelas dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah.
4.      Guru Kelas IV serta semua guru dan rekan kerja SDN1 Batutumpang yang ikut membantu dalam kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah
Semoga bantuan dari berbagai pihak diberkati Allah SWT, disadari dalam melakukan PTS ini, masih jauh dari sempurna, karena itu saran dan kritik dari semua pihak tetap terbuka guna penyempurnaan dan perbaikan selanjutnya. Semoga pelaksanaan dan hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat dan peningkatan proses pembelajaran di kelas.

Tegalwaru, 31 Oktober 2011
Penulis
DAFTAR ISI


Halaman Judul………………………………………………………...............            i
Prakata………………………………………………………………………...           ii
Daftar Isi………………………………………………………………………          iii
Abstrak………………………………………………………………………..         iv
Pendahuluan……………………...…..….……………………………………           1
Kajian Pustaka…………………………....…………………………………...          2
Metode Penelitian,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.……..….………………………………          3
Pembahasan…….……………………………………………………………..          7
Daftar Rujukan………………………………………………………………..          7











Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Dalam Menggunakan Media Audio Visual Melalui Workshop Berkelanjutan Di Gugus I Kec. Tegalwaru
(Penelitian Tindakan Sekolah pada SDN1 Batutumpang Kelas IV di Kecamatan Tegalwaru Semester 1 Tahun Ajaran 2011/2012)

Endang Zaenal Aripin

Abstrak

Berlatar belakang dari kurangnya penguasaan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran, dan kurang digunakannya sarana gugus dalam meningkatkan keterampilan guru manakala guru tersebut ada masalah/kesulitan dalam pembelajaran, dan yang menjadi masalah utama adalah kurang terampilnya guru dalam menggunakan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung serta hasil belajar siswa tidak sesuai dengan harapan.
Meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui  workshop berkelanjutan di Gugus I, pelatihan cara pembelajaran dengan menggunakan media audio visual, sebagaimana dijelaskan dijelaskan dalam buku ‘Pengembangan Profesi Guru SD’, Udin dkk, (2007: 62) bahwa: Media Pembelajaran adalah sarana pembelajaran yang digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mempertinggi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi guru dalam menggunakan media audio visual, melalui workshop berkelanjutan. Kerisauan. Secara teori bahwa media pembelajaran merupakan perantara proses pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru untuk mempertinggi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran, namun pada kenyataannya guru masih bingung dan jarang menggunakan media dalam pelaksanaan proses pembelajaran, Tindakan yang dilakukan perlunya proses pembelajaran yang efektif yang berkesinambungan, dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung.
Hasil sementara dari penelitian ini diharapkan akan mampu menjawab kesulitan yang dihadapi guru dan diharapkan terjadinya interaksi pembelajaran yang nyata melalui alat bantu audio visual, yang dapat menggairahkan pembelajaran.
Setting Penelitian dilaksanakan di Gugus I yang diikuti oleh 5 Sekolah Dasar yang ada di wilayah UPTD  Kecamatan Tegalwaru, Semester 1 Tahun Ajaran 2011/2012, melalui workshop berkelanjutan, dan sekolah yang menjadi penelitian langsung adalah SDN1 Batutumpang. Prosedur penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua. yang dimulai dengan rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis untuk dijadikan sebagai simpulan.
Hasil penelitian siklus I ke siklus II ada peningkatan hasil pembelajaran dari 60% menjadi 80%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual pada materi yang disajikan berpengaruh terhadap keaktifan dan peningkatan hasil  belajar siswa.


Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru Dalam Menggunakan Media Audio Visual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar