ISSN: ………………………..
PENELITIAN
TINDAKAN SEKOLAH
(PTS)
Jurnal
Pendidikan Ke-SD-an
Oktober
2011
Meningkatkan
Keterampilan Mengajar Guru Dalam Menggunakan
Media
Audio Visual Melalui Workshop Berkelanjutan Di Gugus I
UPTD
Kec. Tegalwaru Semester 1 Tahun Ajaran 2011/2012
Disusun
Oleh:
Endang Zaenal
Aripin, S.Pd.,M.Pd
NIP.
19631214.198410.1.001
DINAS PENDIDIKAN
PEMUDA DAN OLAHRAGA KAB. PURWAKARTA
UPTD PEMBINAAN
TK/SD DAN PLS
KECAMATAN
TEGALWARU
2011
PRAKATA
Puji dan syukur kita
panjatkan kehadirat Illahi Robi, atas rahmat dan hidayahNya bahwa Laporan
Penelitian Tindakan Sekolah dapat terselesaikan dengan tuntas dan tepat waktu,
walaupun ada kekurangan dalam penyelesaiannya. Penelitian Tindakan Sekolah ini
dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru pada saat
proses PBM berlangsung dengan alat bantu.
Penulisan Laporan PTS
ini selesai berkat bantuan dari berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan
terimakasih kepada:
1. Bapak
Kepala UPTD Pembinaan TK/SD dan PLS Kecamatan Tegalwaru yang telah memberikan
ijin dan rekomendasi untuk melaksanakan kegiatan PTS.
2. Pengawas
SP-SD wilayah binaan Gugus I yang telah memberikan arahan dan pembekalan
tentang Penelitian Tindakan Sekolah
3. Bapak
Kepala Sekolah SDN1 Batutumpang yang telah memberikan ijin kelas dalam
melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah.
4. Guru
Kelas IV serta semua guru dan rekan kerja SDN1 Batutumpang yang ikut membantu
dalam kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah
Semoga bantuan dari
berbagai pihak diberkati Allah SWT, disadari dalam melakukan PTS ini, masih
jauh dari sempurna, karena itu saran dan kritik dari semua pihak tetap terbuka
guna penyempurnaan dan perbaikan selanjutnya. Semoga pelaksanaan dan hasil
penelitian ini dapat memberikan manfaat dan peningkatan proses pembelajaran di
kelas.
Tegalwaru, 31 Oktober 2011
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Judul………………………………………………………............... i
Prakata………………………………………………………………………... ii
Daftar
Isi………………………………………………………………………
iii
Abstrak……………………………………………………………………….. iv
Pendahuluan……………………...…..….…………………………………… 1
Kajian
Pustaka…………………………....…………………………………...
2
Metode
Penelitian,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.……..….……………………………… 3
Pembahasan…….…………………………………………………………….. 7
Daftar
Rujukan………………………………………………………………..
7
Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Dalam
Menggunakan Media Audio Visual Melalui Workshop Berkelanjutan Di Gugus I Kec.
Tegalwaru
(Penelitian Tindakan Sekolah pada SDN1 Batutumpang
Kelas IV di Kecamatan Tegalwaru Semester 1 Tahun Ajaran 2011/2012)
Endang Zaenal
Aripin
Abstrak
Berlatar belakang dari kurangnya
penguasaan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran, dan kurang
digunakannya sarana gugus dalam meningkatkan keterampilan guru manakala guru
tersebut ada masalah/kesulitan dalam pembelajaran, dan yang menjadi masalah
utama adalah kurang terampilnya guru dalam menggunakan media pembelajaran pada
saat proses pembelajaran berlangsung serta hasil belajar siswa tidak sesuai
dengan harapan.
Meningkatkan keterampilan mengajar guru
melalui workshop berkelanjutan di Gugus
I, pelatihan cara pembelajaran dengan menggunakan media audio visual,
sebagaimana dijelaskan dijelaskan dalam buku ‘Pengembangan Profesi Guru SD’,
Udin dkk, (2007: 62) bahwa: Media Pembelajaran adalah sarana pembelajaran yang
digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mempertinggi
efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini
dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi guru dalam menggunakan media
audio visual, melalui workshop berkelanjutan. Kerisauan. Secara teori bahwa
media pembelajaran merupakan perantara proses pembelajaran yang harus dilakukan
oleh guru untuk mempertinggi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan
pembelajaran, namun pada kenyataannya guru masih bingung dan jarang menggunakan
media dalam pelaksanaan proses pembelajaran, Tindakan yang dilakukan perlunya
proses pembelajaran yang efektif yang berkesinambungan, dalam meningkatkan
keterampilan mengajar guru dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai
pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung.
Hasil sementara dari penelitian ini
diharapkan akan mampu menjawab kesulitan yang dihadapi guru dan diharapkan
terjadinya interaksi pembelajaran yang nyata melalui alat bantu audio visual,
yang dapat menggairahkan pembelajaran.
Setting Penelitian dilaksanakan di Gugus
I yang diikuti oleh 5 Sekolah Dasar yang ada di wilayah UPTD Kecamatan Tegalwaru, Semester 1 Tahun Ajaran
2011/2012, melalui workshop berkelanjutan, dan sekolah yang menjadi penelitian
langsung adalah SDN1 Batutumpang. Prosedur penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua. yang dimulai dengan rencana,
tindakan, pengamatan dan refleksi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis
untuk dijadikan sebagai simpulan.
Hasil penelitian siklus I ke siklus II
ada peningkatan hasil pembelajaran dari 60% menjadi 80%. Dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media audio visual pada materi yang disajikan berpengaruh terhadap
keaktifan dan peningkatan hasil belajar
siswa.
Kata
Kunci: Keterampilan Mengajar Guru Dalam Menggunakan Media Audio Visual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar